Tuesday, January 8, 2013

Penambal dan Antivirus

     




Secara berkala, Microsoft mengeluarkan penambal (Patch) untuk windows. Terakhir, Windows xp ditambal Microsoft dengan SP2 yang diluncurkan kira - kira setahun yang lalu. Kadang - kadang Microsoft juga meluncurkan hotfix untuk menutup celah yang ditemukan.
           
         "Apa penambal ini penting?"
         Kalau PC terhubung ke internet sih penambal ini pasti penting. Banyak pembuat virus, worm, spyware, dan malware lainnya memanfaatkan internet sebagai sarana penyebaran. Malware itu lalu mengobrak-abrik sistem dengan menggunakan celah sebagai pintu masuk. "Kalau PC tidak terhubung dengan internet?"
              Tetap saja butuh walau tidak sebutuh PC yang terhubung ke internet. Malware bisa pula menyebar lewat disket, CD, disket USB, dan media transfer data lain. Penambal untuk windows bisa diunduh dari situs Microsoft yang beralamat www.microsoft.com di bagian pengunduhan keamanan dan pembaruan (Security & Update). Ukuran penginstalnya tak tentu. Bisa cuma ratusan kilobyte tapi bisa juga mencapai puluhan Megabyte. Pokoknya, sebelum PC luar" tambal dulu celah yang di windows . Ada lagi yang juga wajib diinstal, yakni antivirus. Tapi, Jangan instal antivirus cuma untuk mengobati, instal Antivirus juga untuk mencegah masuknya virus. Perangkat anti virus seperti Norton dan McAfee memang mudah didapat, dan membelinya mungkin harganya juga murah karena ilegal dan risiko tanggung sendiri . tapi kalau mau legal dan gratis, cobalah pakai avast! Virus Cleaner











        
 (www.avast.com).
              
       Ingat, instal saja tak cukup. Harus ada aksi lebih lanjut, yakni memperbarui data milik antivirus. Dengan harapan, data yang baru bisa mengenali dan mengatasi sebagian besar malware baru lebih baik.
       Perbaruan itu bisa dilakukan dengan menginstal definisi virus (virus definition) untuk menambah basis data antivirus. Data baru itu bisa diunduh dari situs resmi milik produsen antivirus yang dipakai adalah Norton Antivirus, ngunduhnya dari 














(www.symantec.com)


Semoga Postingan saya kali ini bermanfaat untuk anda.


No comments:

Post a Comment