Monday, January 21, 2013

TIPS AGAR BATERAI TIDAK CEPAT DROP

Biasanya baterai itu bisa drop karena beberapa alesan berikut:
1. Tidak memakai batre yang original.
2. Dikarenakan penggunaan dan perawatan yang kurang baik.

Beberapa contoh penggunaan dan perawatan yang kurang baik :
1. Terlalu cepat mengisi baterai => Sebelum pemberitahuan bahwa isi dari baterai akan segera habis (low-batt).
2. Terlalu cepat melepaskan baterai yang sedang di cas / lepas-masukin charger.
3. Kebiasaan mengisi baterai yang terlalu lama, biasanya terjadi pada saat kita tidur.

Secara normal, baterai tersebut butuh waktu untuk isi ulang hanya sekitar 1 jam 55 menit hingga 2 jam saja, untuk jenis batre Li-ion (Lithium lon) atau Litium Polymer. Akibat lain yang tampak mata, baterai jadi gendut atau kembung karena panas yang mengembangkan lempengan seng selimut sel baterai. Memang ada sih baterai yang butuh waktu lama, sekitar 3 sampai 5 jam dalam pengisian ulangnya seperti baterai yang dapat bertahan 5 hingga 7 hari standby / talktime. Misalnya baterai pada ponsel Huawei C2605 dengan jenis batre Li-ion 3.7v. baterai ini butuh waktu isi ulang (jika masih keadaan normal) 3 sampai 4 jam untuk berhentinya indikator pengisian baterai pada layar ponsel. Sehingga penggunaan waktu talktimenya dapat mencapai 3 - 4 hari.

4. Pemakain nelpon yang mencapai 2 jam perharinya.
hal ini juga mempunyai efek lain, yaitu kuping kita menjadi panas karena radiasi dari sinyal HP dan juga baterai bisa menjadi gendut karena panas dan di pake terus - menerus

TIPS agar Baterai tidak mudah DROP :

1. Jangan biarkan ponsel berada ditempat yang panas, seperti diatas dashboard mobil. Hal ini dapat menyebabkan baterai ngedrop.

2. Jika memang tidak dibutuhkan, lebih baik matikan saja fasilitas getar pada ponsel anda. Misalnya ketika anda sedang berada dirumah atau dimobil.

3. Jika anda sedang menunggu telepon masuk, sebaiknya gunakan nada dering yang tidak panjang melodinya. Selain itu, kecilkan juga volumenya.

4. Sebaiknya anda tidak menggunakan fasilitas melodi dan getar secara bersamaan. karna ini sangat memakan baterai anda.

5. Kurangi bermain game di ponsel anda, karena bermain game di ponsel dapat menguras baterai dengan cepat. 

6. Jangan terlalu sering mematikan ponsel dan menyalakan kembali. Setiap anda menyalakan ponsel, ponsel anda akan mencari jaringan, dan hal ini sangat menguras baterai anda sampai 1 jam waktu siaga.

7. Jika anda berada di area dimana tak ada jaringan, sebaiknya matikan ponsel anda. ponsel mencari jaringan (sinyal) juga membutuhkan banyak energi baterai.

8. Matikan fasilitas GPRS pada saat anda tidak membutuhkanya.

9. Matikan juga fasilitas screen saver pada layar ponsel anda.

10. Matikan fasilitas bluetooth bila sudah tidak menggunakannya. Selain menguras baterai, bluetooth yang terus dalam keadaan on juga dapat mengundang crackcer atau hacker.

11. Mendengarkan musik MP3 juga dapat menguras baterai anda. Jadi gunakan betul-betul saat anda menginginkanya.

12. Jangan menutup bagian atas ponsel ketika ponsel sedang digunakan. Ini yang sering terlewatkan, pada bagian tersebut terdapat antena yang bila ditutup akan mempengaruhi mutu panggilan. Selain itu juga dapat menyebabkan ponsel beroperasi pada tingkat daya yang lebih besar sehingga memperpendek ketahanan waktu siaga dan bicara.

13. Bila ponsel anda mempunyai banyak aplikasi, tutup aplikasi tersebut bila sudah selesai menggunakannya.

14. Matikan ponsel pada saat anda tidak membutuhkannya. Misalnya pada malam hari. Informasi akan dapat tetap anda terima melalui SMS.

15. Redupkan layar seredup mungkin tetapi gambar tetap terlihat oleh kamu yang jelas kalau ampe ga keliatan, gimana makenya...

Untuk perawatan Baterai HP :

perawatan yang baik (untuk tipe li-ion) :
1. cas beraturan biasanya diisi kalau batre emang udah low untuk memperpanjang umur batre (tapi ga ada memori effect kalo emang belum habis udah diisi)
2. Jangan mengisi batre didalam mobil karena listrik mobil itu ga bagus kadang naik dan naik turun teganganya
3. Kalo ngisi batre jangan sambil pake telepon , muter mp3 atau maen game kalo bisa. Walaupun li-ion memiliki pengaturan yang baik saat pembagian arus masuk dan keluar tapi ditakutkan arus keluar yang besar akan dapat menurunkan kwalitas batre. Bahaya lagi kalo korslet bisa meledak tuh batre (tapi kemungkinannya kecil banget)
5. kalo hp ga digunain / kondisi mati selama beberapa hari alangkah baiknya battre dilepas dari hpnya.

Sekian postingan saya kali ini tentang TIPS AGAR BATERAI TIDAK CEPAT DROP

SEMOGA BERMANFAAT........!!!!!!!!!


2 comments: