Tuesday, June 25, 2013

7 Cara Optimasi Blog

Mungkin sebagian para blogger sudah tau bagaimana cara optimasi blog. Namun tidak ada salahnya kalau saya share untuk yang belum tau cara optimasi blog, sebenarnya banyak sekali yang harus kita lakukan untuk mengoptimasikan blog kita namun berhubung saya masih newbie jadi saya akan share setaunya saya saja. 



Berikut 7 cara optimasi blog:
  • OPTIMASI : Tampilan blog
  • OPTIMASI : Header blog 
  • OPTIMASI : widget untuk interaksi
  • OPTIMASI : alamat ke google
  • OPTIMASI : Alamat ke Yahoo
  • OPTIMASI : Menggunakan ping
  • OPTIMASI : Dengan backlink

Tampilan blog
Cara optimasi blog dengan tampilan blog, emangnya tampilan/design blog mempengaruhi dalam optimasi? mungkin itu yang menjadi pertanyaan sobat blogger, tampilan blog yang bagus dan menarik adalah salah satu optimasi yang dapat meningkatkan pengunjung ke dalam blog, tampilan ini harus sesuai dengan tema yang akan diangkat dan dibahas dalam isi blog kita.Tapi harus kita ingat template yang berat jangan pernah dipakai..??

Banyak ragam template free yang dapat sobat gunakan untuk mempercantik tampilan blog, baik template dari default domain kita ini  hingga template yang disediakn oleh pihak ketiga, jika sobat menggunakan template bawaan blogspot tentunya template blog sobat masih standar, ada banyak sekali template  gratis yang disediakan di dunia maya ini,  cara optimasi tampilan blog ini ada dua cara :
  1. sobat Design Template sendiri dengan menggunakan fasilitas Blogger Design Template   
  2. sobat bisa download template dari situs penyedia Blogger Template
itulah contoh kecil optimasi tampilan blog

Header blog
Optimasi header blog, tahukah sobat jika blog diibaratkan sebuah buku, maka header blog di ibaratkan dengan jilid buku yang bisa mewakili isi dari suatu buku, begitu pula dengan Header Blog yaitu mewakili isi dari suatu blog, tampilan header yang menarik atau setidaknya menunjukan suatu identitas dari isi konten suatu blog akan dapat membantu pengunjung mengenali apa isi yang dimaksud.
Sehingga setelah pengunjung melihat tampilan header akan langsung mengerti konten yang ada di dalam blog sobat, untuk membuat tampilan header pada blog memang perlu sedikit keahlian dalam bidang desain Grafis, seperti Adobe Photoshop , Corel Draw, Gimp dan yang lainnnya.

Widget untuk interaksi
Cara optimalisasi blog lewat widget untuk interaksi dengan pengunjung, salah satu hal yang menarik dan dapat dijadikan optimalisasi blog adalah adanya bermacam macam widget yang dapat dipasang ke dalam sidebar blog. Widget-widget tersebut bukan hanya sebagai pemanis di dalam blog, tetapi dapat pula dijadikan sebagai optimalisasi dan interaksi antara pengunjung dengan admin atau pemilik suatu blog/website.

Jika sobat selalu berinteraksi dengan pengunjung maka sobat akan mengerti dan paham tentang apa yang di butuhkan oleh pengunjung, ada bermacam macam widget blog untuk digunakan interaksi antara pemilik blog dengan pengunjung,tapi ingat widget juga jangan terlalu banyak , karena dapat menambah loading blog menjadi berat 

Alamatkan ke google
Keberhasilan kita menggunakan mesin pencari Web di Internet menentukan keberhasilan kita  berselancar dan memperoleh informasi dengan baik. Mesin pencari adalah mesin yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web (WWW).

Informasi tersebut dapat berupa halaman Web, gambar, dan berbagai jenis file. Beberapa mesin pencari juga menggali data dari   koran,   buku,   basis   data,   atau   berbagai   direktori   yang   terbuka. 

Berbeda   dengan direktori Web, yang di buat oleh editor manusia, mesin pencari beroperasi menggunakan algoritma atau campuran antara algoritma dan masukan manusia.
Ada cukup banyak mesin pencari automatis di Internet. Beberapa mesin pencari yang baik dan terkenal di Internet adalah:

Ping? Ping adalah sebuah tools atau alat yang dapat sobat gunakan mempromosikan blog ke banyak service yang ada di dunia internet. Jika ping di analogikan sebagai speker pengumuman di keluarahan, maka setiap RT dapat mendengar pengumumam yang dilakukan oleh speaker di kelurahan, jadi jika di dalam dunia blog pengumuman dapat diartikan adalah konten artikel yang ada di dalam blog, dan setiap RT diartikan sebagai web services yang menerima pengumuman.

Sobat sudah mengertikan dengan maksud kata kata diatas? kesimpulannya ping services adalah sebuah tools yang dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah konten web/blog di dalam dunia internet. banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk melakukan ping diantaranya :
Kamu boleh mempergunakan layanan itu. Dan yang terakhir

Backlink
Cara optimasi blog, pada pada postingan ini saya akan membahas cara optimasi blog dengan backlink atau sering disebut dengan Blogwalking, sebelum mengenal lebih jauh tentang backLink sebaiknya kita mengetahui apa itu BackLink? backliknk atau blogwalking adalah suatu optimasi blog yang sering dugunakan, sobat dapat berkunjung dari blog satu ke blog lainnya dengan memberikan komentar ke dalam blog yang sobat kunjungi. Tentu saja dengan meninggalkan suatu jejak atau link blog milik sobat agar blog sobat yang kunjungi dapat kembali mengunjungi blog sobat.Tapi ingat komentar kita tidak berbau spam,berkomentarlah sesuai artikel blog tersebut.

Sobat dapat mencari blog-blog yang sejenis dengan konten yang ada di dalam blog yang sobat buat, sobat dapat memanfaatkan Google (search engine) untuk melakukan pencarian, selain itu sobat juga dapat mengunjungi layanan Direktory blog, misalkan Blog Catalog, Technorati, Topofblogs, Blogtopsite, dan direktori blog yang lainnya.

Ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan dalam meninggalkan komentar yaitu :
Dalam memberikan komentar gunakanlah bahasa yang sesuai dengan bahasan isi/konten blog.
  1. Kunjungi Blog yang mempunyai konten sama
  2. Jangan melakukan Spaming
  3. Berikan kalimat referensi saja jangan kalimat kalimat promosi
  4. Yang penting sertakan Link URL artikel sobat yang berhubungan dengan isi artikel yang sobat kunjungi.


18 comments:

  1. Gan, kalau ping ntu ada batas maksimalnya ga sie.
    Soalnya kalau keseringan khan bisa dianggap Spam.
    Salam Jajal SEO

    ReplyDelete
  2. Menurut saya si engga ada batas maksimalnya, karan ping itu cuma ngabarin search engine kalau blog kita mempunyai postingan baru..

    ReplyDelete
  3. Thankz infonya.... (h)
    aku mau optimasi blog aku dulu gan..... :d

    ReplyDelete
  4. Widget juga JANGAN terlalu banyak , karena dapat menambah loading blog menjadi berat ;-(

    ReplyDelete
  5. wah, artikelnya sangat bermanfaat dan berguna untuk blog baru saya gan. Saya mau langsung nerapin di blog saya

    ReplyDelete
  6. wah sangat bermanfaat bagi blog baru saya sob

    follback dan komen back!

    ReplyDelete
  7. done gan follownya komen balik ya http://artikelesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. optimasi dulu pake cara ini ahk.... :d

    ReplyDelete
  9. Nice info gan. Mau ane coba.
    Jangan lupa kunjungi juga Diary internet ane (Blog) di www.alfaridziilham7.blogspot.com

    Thanks :D

    ReplyDelete
  10. udah ane follow balik dari http://redanorak.blogspot.com .... salam kenal aja!!

    ReplyDelete
  11. ok gan siap meluncur........

    ReplyDelete
  12. wuih,...... artikelnya mantap gan.............. meski di tambah gan... membuat anchor text atau teknik on page or off page.... sukses buat blog nya......

    ReplyDelete
  13. Mantap juga nih artikel, ijin menyimak gan ..., siapa tahu ada yang bisa aku praktekkan.


    http://fivestar67.blogspot.com

    ReplyDelete
  14. Iya gan silahkan

    ReplyDelete
  15. Nice tutornya bang bro :D

    ReplyDelete
  16. makasih gan infonya,,
    kunjungi jg ya soalnya blogger baru http://gayafashion-artis.blogspot.com

    ReplyDelete