Wednesday, March 13, 2013

Hal-hal yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet

Hal-hal yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet. Makin cepat mengakses internet, makin cepat pula informasi didapat. Manfaat yang diperoleh jika kita menggunakan komputer yang memiliki akses internet cepat adalah cepatnya kita dalam memperoleh informasi sesuai keinginan terutama jika mencari file gambar, proses download, proses upload serta proses file data yang kita kirim melalui e-mail. Hal-hal yang mempengaruhi kecepatan komputer dalam mengakses internet adalah:


1.  Kemampuan Komputer
Kemampuan komputer dipengaruhi oleh spesifikasi komputer. Berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kinerja komputer meliputi kecepatan processor, processor internal memory, RAM, Serta hard disk.
2.  Jenis Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Ada dua macam modem, yaitu modem internal dan modem eksternal.
  1. Modem internal dipasang di motherboard komputer. Modem komputer internal biasanya merupakan modem 56K yang berarti bahwa modem itu mampu menerima data sebesar 56 Kbits/detik (56 kilobits atau 56.000 bit per detik).
  2. Modem eksternal menggunakan cara lain untuk dihubungkan ke komputer. Biasanya terinstall pada belakang komputer. Serial port merupakan pilihan yang mudah diinstall untuk modem eksternal. Kotak kecil yang sama, di sisi lain, bisa menjadi sebuah modem USB yang normalnya menggunakan port USB yang biasanya ditempatkan di belakang atau di depan komputer.
3.  Jenis jaringan komunikasi

Selain menggunakan jaringan telepon rumah, untuk mengakses internet dapat pula dilakukan melalui jaringan GPRS, CDMA, TV kabel, atau melalui satelit. Masing-masing jaringan internet tersebut memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Untuk jaringan telepon, kecepatan maksimal yang diperoleh adalah 56 kbps, untuk layanan menggunakan GPRS kecepatan akses internetnya sampai 115 kbps, layanan menggunakan CDMA mencapai 153 kbps, sedangkan melalui TV kabel mampu mencapai kecepatan 250 kbps.
4.  Besar bandwidth
Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan sinyal frekuensi tinggi dengan sinyal frekuensi rendah yang diukur menggunakan satuan Hertz. Dalam jaringan komputer, bandwidth  di artikan sebagai transfer rate, yaitu jumlah data yang dapat dibawa dari satu titik ke titik yang lain dalam jangka waktu  tertentu (umumnya tiap detik). Bandwidth dapat diibaratkan sebuah jalan raya yang di lewati oleh kendaraan (data) secara bersama-sama. Makin banyak kendaraan yang lewat, maka makin lambat laju kendaraan. Makin lebar jalan raya, maka akan semakin banyak kendaraan yang dapat dilewatkan. Satuan yang digunakan untuk mengukur lebar bandwidth adalah bps (bit per second). Secara umum, bandwidth yang besar memungkinkan untuk mengirim informasi yang lebih besar seperti pengiriman gambar, image dalam video conference, dan tentunya akses internet yang lebih cepat.
5.  Jumlah pengguna internet yang mengakses server secara bersamaan
Banyaknya akses internet pada jam-jam sibuk seperti pukul 08:00 sampai 15:00 membuat akses internet menjadi lambat. Banyaknya pengguna internet yang menggunakan server yang sama membuat akses menjadi lambat karena satu jalur dimasuki banyak data. Data yang banyak melalui jalur yang sempit biasa disebut bottleneck. Mengukur kecepatan akses internet dapat dilakukan melalui tes kecepatan via web. menggunakan software bandwidth monitor , atau melalui MRTG (Multi Router Traffic Grapher).

Sampai disini dulu pertemuan kita, yang membahas Hal-hal yang mempengaruhi Kecepatan Akses Internet, Semoga Bermanfaat >>>>>


1 comment: